Senin, 15 Februari 2016

Perbedaan margarine&mentega

Awal mengenal soal baking membaking saya pikir margarine&mentega itu sama saja, ternyata saya salah 😅karena margarine terbuat dari lemak nabati(tumbuhan)&mentega terbuat dari lemak hewan(susu)
Cuuus....😊langsung saja kita bahas di bawah ini yg saya ambil dari beberapa sumber

1. Margarine
Margarin dibuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan, biasanya disebut lemak nabati. Margarin ini memiliki tekstur yang lebih kaku daripada mentega. Hal ini membuat margarin lebih tahan jika diletakkan di suhu ruangan dan tidak mudah meleleh. Margarin memiliki warna kuning yang terang. Margarin juga memiliki kandungan lemak baik yang lebih banyak daripada lemak jenuh atau kolesterol jahat yang biasa terkandung pada unsur hewani.
Margarin biasanya diperkaya dengan vitamin A dan beberapa vegetables oil adalah sumber vitamin E.

2.Mentega
Mentega dibuat dari minyak atau lemak hewan, biasanya disebut lemak hewani biasanya mengandung lebih banyak lemakjenuh/saturated fats(66%) dibanding lemak tak jenuh/unsaturated fats-nya (34%). Lemak jenuh ini biasanya berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Mentega biasanya mengandung vitamin A, D, protein dan karbohidrat.mentega bertekstur sangat lembut Sehingga ia tidak tahan pada suhu ruangan dan cepat meleleh. Warna dari mentega adalah kuning pucat. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh atau kolesterol jahat yang cukup tinggi, sehingga sering direkomendasikan oleh ahli nutrisi untuk tidak banyak dikonsumsi. Merek mentega yang biasa kita jumpai di pasaran adalah Wysman, Orchid, Elle, dll.

Jika ingin membuat kue kering yang garing sekaligus lembut, gunakan mentega. selain teksturnya lebih bagus, aromanya pun lebih harum. Lain halnya dengan cake , biasanya jika digunakan mentega, hasilnya justru kurang maksimal karena daya emulsinya kurang baik sehingga cake tidak dapat mengembang sempurna dan tidak kokoh.untuk membuat cake bertekstur semrpurna, campurkan mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1. Hasilnya, cake enak, harum, dan lembut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar